29 Oktober 2010

The Serumpun Institute (TSI) Bangka Belitung

The Serumpun Institute Adalah Lembaga Kajian dan Penelitian Kebijakan-Kebijakan Publik, Provinsi Bangka Belitung
Prolog

The Serumpun Institute (TSI) Bangka Belitungadalah lembaga kajian dan penelitian kebijakan publik (Center for Public Policy Research) yang resmi didirikan sejak 18 September 2008 oleh sekelompok aktivis dan intelektual muda Bangka Belitung. TSI merupakan lembaga yang independen, nonpartisan, dan nirlaba yang sumber dana utamanya berasal dari hibah dan sumbangan dari yayasan, perusahaan, dan perorangan.

Tujuan

TSI bertujuan untuk menjadi pusat kajian dan penelitian utama di Provinsi Serumpun sebalai (Ba-Bel) untuk masalah-masalah kebijakan publik dan berkomitmen untuk memberikan sumbangan kepada debat-debat kebijakan publik dan memperbaiki kualitas pembuatan dan hasil-hasil kebijakan publik dalam situasi demokrasi serta provinsi baru di Indonesia.

Misi


Misi The Serumpun Institute (TSI) adalah melaksanakan kajian dan penelitian yang dapat diandalkan, independen, dan nonpartisan, serta menyalurkan hasil-hasil penelitian kepada para pembuat kebijakan, kalangan bisnis, dan masyarakat sipil dalam rangka memperbaiki kualitas kebijakan publik di Indonesia. TSI juga mempunyai misi untuk mendidik masyarakat dalam masalah-masalah kebijakan yang mempengaruhi hajat hidup mereka. Dengan kata lain, TSI memiliki posisi mendukung proses demokratisasi dan reformasi kebijakan publik, serta mengambil bagian penting dan aktif dalam proses-proses tersebut.

Ruang Lingkup

Ruang lingkup kajian dan penelitian kebijakan publik yang dilakukan oleh TSI meliputi: bidang pendidikan, sosial-keagamaan, politik dan ekonomi di Bangka Belitung. Kegiatan utama yang dilakukan dalam rangka mencapai visi dan misi TSI tersebut antara lain adalah melakukan kajian-kajian rutin, penelitian, pelatihan, publikasi, analisis bulanan, penerbitan kajian bulanan (di halaman website) dan kajian tahunan, program pengembangan kapasitas, fasilitasi, konsultasi, dan survei opini publik.

Website TSI ini; selain untuk lebih menghidupkan informasi yang lengkap tentang TSI, kami juga ingin agar website ini dapat menjadi media interaktif TSI dengan pihak lain.

Kami harap dengan adanya website yang lebih segar, terkini, dan interaktif, TSI dapat lebih meningkatkan kiprahnya dalam mengawal serta mendorong lahirnya kebijakan publik yang lebih baik, serta memperluas jaringan dan jangkauannya, baik di bangka belitung maupun di kancah internasional.

Selamat menikmati eksplorasi TSI dan berinteraksi dengan kami. Semoga bermanfaat dan jangan sungkan untuk ikut berpartisipasi dan memberikan saran dan kritik pada kami.

0 komentar:

Posting Komentar